Tahukah Anda jika 63 persen pembeli akan melakukan pembelian dari sebuah situs yang memiliki ulasan dari pembeli lainnya.
Tidak hanya itu, pembelian melalui
situs yang memiliki fitur keamanan dapat meningkatkan penjualan sebesar 42
persen. Meski bukan hal yang mengejutkan, tapi kepercayaan adalah faktor yang
sangat penting dalam pembelian seseorang sekarang.
Sebuah studi Harvard Business School
menunjukkan semakin banyak bintang atau ulasan positif dari produk akan
menyebabkan pendapatan meningkat 5-9 persen.
Berpedoman pada hal-hal tersebut di
atas, berikut ini cara-cara yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan
online, seperti dikutip dari Globe and Mail, Sabtu, 23 Mei 2015.
Testimonial dari Pembeli
Testimonial adalah bentuk yang
paling mudah dari bukti sosial yang dapat ditambahkan ke situs Anda. Kita pasti
berpikir bahwa produk dan layanan kita sudah bagus, tetapi pelanggan mungkin
tidak langsung percaya kecuali mereka mendengarnya dari orang lain juga.
Itulah mengapa Anda harus menjangkau
pelanggan dengan meminta mereka menulis testimonial singkat tentang produk dan
jasa di toko online Anda.
Anda juga bisa memberikan produk dan
jasa gratis ke jurnalis atau influencer dengan harapan mereka menulis ulasan
yang jujur.
Karena testimonial ini bisa
dipalsukan, Anda mungkin bisa menyertakan foto, nama asli, perusahaan dan
pekerjaan si penulis testimonial untuk meningkatkan kredibilitas.
Blog Tamu
Sebagian toko online biasanya
memiliki blog khusus yang diisi oleh pengunjung. Para pengunjung ini kadang
akan secara suka rela menulis ulasan produk dan jasa dari toko online
Anda. Dengan demikian, blog mereka sangat berkontribusi pada pengenalan dan
penjualan toko online Anda.
Kutipan atau Ringkasan
Kutipan atau ringkasan mulai populer
saat ini karena mereka sering di-share. Anda bisa mencari orang yang piawai
agar bisa memasukkan produk dan jasa ke dalam ringkasan atau kutipan mereka.
Ingat, Anda akan melakukan hubungan
jangka panjang dengan mereka jadi berinteraksilah yang jujur di media sosial
dengan mereka.
Melakukan Strategi Endorsement
Endorsement adalah salah satu
strategi promosi yang cukup efektif agar seseorang mau mengajak atau
mereferensikan orang untuk membeli produk atau jasa kita.
Orang sangat percaya kepada
selebritas dan ahli. Merekrut mereka untuk mempromosikan produk dan jasa sangat
membantu penjualan Anda.
Menyelenggarakan Seminar dan
Wawancara Online
Cara lain untuk meningkatkan
penjualan adalah dengan mengasosiasikan diri dengan merek-merek dan ahli
terkenal, dan menyelenggarakan seminar dan wawancara online bersama
mereka. Cari perusahaan dengan reputasi tinggi yang memiliki tipe pelanggan
yang sama dengan toko online Anda.
Dengan merangkul mereka, akan
menguntungkan bisnis Anda. Anda dan mereka bisa saling berpromosi. Namun
strategi ini bukan untuk perusahaan yang baru mulai, karena Anda akan kalah.
Membuat Studi Kasus
Meski testimonial bisa diandalkan,
Anda bisa masuk lebih dalam mempengaruhi pembeli dengan membuat studi kasus.
Hal ini akan membuat pembeli semakin percaya dengan produk dan jasa yang
ditawarkan toko online Anda.
Jumlah Share dan Follower
Kadang untuk menyakinkan pembeli, toko Anda harus
memperlihatkan jumlah share, like, dan follower dalam jumlah
fantastis.Sumber : theglobeandmail.com
Comments
Post a Comment